Rabu, 27 Mei 2020

Mampu Memenangkan Turnamen Newslounge99

Sejak tahun dua ribu enam (2006) silam, kompetisi newslounge99 komputer tahunan telah menyelenggarkan sejumlah turnamen untuk kecerdasan buatan dan tahun dua ribu sebelas (2011) kemarin, terdapat tiga (3) tipe poker yang dimainkan, yakni texas holdem heads up tanpa batas, berbatas, dan juga tiga (3) orang pemain didalam pertandingannya. Dalam masing - masing turnamen, terdapat dua (2) orang pemain yakni yang memenangkan paling banyak perjudian dan memenangkan uang yang terbanyak. Kedua hal ini sengaja dikategorikan lantaran memang kecerdasan buatan ini sangat rumit dan juga sulit untuk dikalahkan sedari dulu hingga sekarang. Saat itu penyelenggara acara adalah universitas alberta dan terdapat hadiah tambahan sebesar lima puluh ribu (50.000) dolar amerika serikat dengan menggunakan peraturan khusus guna memberikan motivasi bagi para pemain manusianya agar mereka mampu bermain poker online indonesia dengan serius dan benar. Selain itu, para pemain manusianya tidak dikenakan biaya agar menarik banyak minat sekaligus juga sebagai ajang mencoba kecerdasan buatan tadi. Pada turnamen yang sangat unik ini terdapat empat (4) gaya berbeda dengan susunan kartu mencapai lima ratus (500) yang berbeda. Pada akhirnya manusialah yang keluar sebagai pemenang dengan perbedaan yang amat tipis.

Pada akhirnya, kecerdasan buatan bernama polaris yang dikembangkan oleh universitas alberta ini mampu memenangkan turnamen poker online indonesia secara keseluruhan dengna total tiga (3) kali menang, dua (2) kekalahna, serta satu (1) hasil imbang. Hasil akhir dari turnamen kecerdasan buatan melawan manusia yang satu ini termasuk juga riwayat susunan kartu yang dimiliki oleh para pemainnya dan juga komputer tersedia dan bisa didapatkan disitus kompetisi itu sendiri. Pada intinya, mereka memang benar - benar memikirkan bagaimana caranya untuk bisa mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu mengalahkan manusia dengan mudah dan cepat nantinya. Pada penghujung pertandingan setelah total seluruh pertandingan terdapat delapan puluh ribu (80.000) susunan kartu yang didapatkan, manusia berhasil mendapatkan kombinasi keuntungan hingga tujuh ratus tiga puluh dua ribu tujuh ratus tiga belas dolar amerika serikat ($73-713) namun meskipun secara teknisnya manusia berhasil memastikan kemenangan, namun para peneliti sendiri menganggap bahwa kemenangan tersebut sangatlah tidak signifikan alias kecil dibandingkan total keseluruhan hadiah yang diperebutkan mencapai seratus tujuh puluh juta dolar amerika serikat (170.000.000). Memang kecerdasan buatan sangatlah mengejutkan poker online indonesia dalam hal kekuatan bermain.

Cara turnamen poker online indonesia yang satu ini dibentuk sebenarnya merupakan dua pertandingan dimana masing - masingnya terdapat dua orang pemain, baik manusia maupun komputer. Selain itu para pemainnya juga mendapatkan kartu yang berlawanan, yang artinya apabila kecerdasan buatan alias komputer memiliki as sekop dan sembilan keriting, maka lawan yang merupakan manusia akan mendapatkan jack hati dan delapan wajik. Meskipun pemain manusianya sempat berada diatas angin beberapa kali dibandingkan komputer, namun tidak semua pemainnya yakin bahwa mereka akan menang. Inilah betapa mengerikannya komputer dizaman sekarang. Kelompok lain yang mengembangkan kecerdasan buatan untuk memainkan permainan poker online indonesia ini adalah eksperimen manusia melawan mesin yang dikembangkan oleh universitas alberta. Pada musim panas tahun dua ribu tujuh (2007) kemarin, universitas alberta sempat mengadakan turnamen yang khusus mempertandingkan pemain poker manusia melawan komputer bernama polaris. Turnamen ini diselenggarakan diruangan konferensi AAAI di vancouver, kanada. Tentu saja saat itu banyak yang menanti - nantikan seberapa jauh perkembangan teknologi telah sampai, sama seperti kecerdasan buatan untuk catur melawan pemain catur dari rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar